Skip to main content

Fungsi Dan Kegunaan Judul Pada Sebuah Puisi

Fungsi Dan Kegunaan Judul Pada Sebuah Puisi
Fungsi dan kegunaan judul pada sebuah puisi. Puisi adalah karya seni sastra. Dan juga sebagai salah satu bentuk karya sastra. yang di dalamnya terdapat unsur-unsur estetik yang membuat fungsi seninya berkuasa. Sehingga unsur-unsur keindahan dan kepuitisan tercipta meliputi persajakan, diksi, irama, dan gaya bahasa. yang dapat menjadi lebih indah dan lengkap ketika memilki Judul. karena karya sastra merupakan sebuah struktur yang kompleks, maka dengan adanya  judul menambah kekomplekskan dari sebuah puisi agar terlihat indah dan lengkap.

Karena judul sebuah karya/ tulisan merupakan identitas dari seluruh karya yang tulis yang bersifat menjelaskan, juga dapat sebagai magnet untuk menarik perhatian pembaca, dan menggambarkan atau mendeskripsikan isi dari sebuah tulisan atau puisi.yang di ciptakan. sebab ketika judul dari sebuah puisi tak ada maka dapat di katakan puisinya belumlah lengkap. Karena ketika sebuah karya tak berjudul, magnet dari karya/tulis tersebut kehilangan daya tarik pembaca, karena kehilangan identitas.

Fungsi dan Kegunaan Judul Puisi

Jadi apa fungsi dari judul puisi atau karya tulis, Berikut ini adalah fungsi dan kegunaan judul pada sebuah puisi, syarat pembuatan judul dan syarat judul yang baik.

# Fungsi Judul:

  1. Sebagai identitas atau cermin dari seluruh tulisan.
  2. Menjelaskan ddan menarik sehingga mengundang orang untuk membaca isi tulisan
  3. Gambaran tentang arah, maksud, tujuan, dan ruang lingkupnya.
  4. Relevan dengan seluruh isi tulisan, maksud masalah, dan tujuannya.

# Syarat-syarat pembuatan judul :

  1. Relevan = Mempunyai keterkaitan dengan temanya atau bagian-bagian penting dari tema.
  2. Provokatif = Menarik sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa ingin tahu tiap pembaca terhadap isi tulisan.
  3. Singkat = Tidak boleh mengambil kalimat atau frasa yang panjang, namun harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat. Jika penulis tidak dapat menghindari judul yang panjang, maka dapat menggunakan solusi dengan membuat judul utama yang singkat, tetapi dengan judul tambahan yang panjang.
  4. Asli = Jangan menggunakan judul yang sudah pernah dipakai.

# Syarat-syarat judul yang baik :

  1. Berbentuk frasa.
  2. Tanpa ada singkatan atau akronim.
  3. Awal kata harus huruf kapital, kecuali preposisi dan konjungsi.
  4. Tanpa tanda baca di akhir judul.
  5. Menarik.
  6. Logis.
  7. Sesuai dengan isi.


CATATAN:

Preposisi = kata yang biasa terdapat di depan nomina, misalnya, dari, dengan, di, dan ke.
Konjungsi = kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. misalnya dan, tetapi, atau;

Begitulah kira-kira tentang fungsi dan kegunaan judul pada sebuah puisi dan karya tulis, senmoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menamwah wawasan dalam menulis puisi. dan karya tulis lainnya.

Sumber: Dari berbagai sumber.