Skip to main content

Puisi Waspada Ayo Berjaga

Puisi Waspada Ayo Berjaga
Puisi waspada ayo berjaga. Pengertian waspada menurut bahasa indonesia waspada adalah berhati- hati, berjaga-jaga atau bersiap siaga. didalam kehidupan waspada merupakan suatu hal yang utama, untuk keselamatan diri dari segala hal hal yang tak diinginkan. Seperti waspada akan hal yg bisa menjadi penyebab diri kita menjadi hina serta celaka. Hina serta celakanya manusia bukan tanpa sebab. semua itu sebagai akibat dari karena yg pernah dilakukan sebelumnya.

Itulah aturan dampak yang seperti ini disebut hukum karma. manusia tidak akan luput dari aturan hukuman alam, serta hukum karma, cepat atau lambat pasti akan berlangsung. jadi bersikap sikap waspada dalam hal ini, dimaksudkan untuk menghindari segala perbuatan negatif destruktif yg mengakibatkan kita menerima balasannya menjadi hina, contohnya perbuatan menghina, mencelakai, merusak serta menganiaya terhadap sesama manusia, makhluk, maupun lingkungan disekitar.

Waspada pada ucapan, adalah sikap dan perbuatan yg kasat mata yang bisa mencelakai sesama jika tak berhati hati, jadi waspadalah untuk berjaga dari segala sesuatu yang tak di ingikan terjadi dalam hidup yang di jalani.

Waspada terhadap apapun merupakan suatu kemuliaan hidup terutama mewaspadai diri sendiri pada hal yang akan terjadi yang tak pernah terikir sebelumnya mewaspadai diri sendiri berati kita harus bertempur melawan kekuatan negatif pada diri, yang menebar aura buruk berupa nʌfsu untuk menangnya sendiri.

Didalam kehidupan bermasyarakat, kita harus mewaspadai diri senidiri yang terkadang mempunyai kecenderungan menang sendiri, hal ini merupakan perlaku yang tak baik didalam bermasyarakat, karena, priaku ini merupakan sifat yang angkuh.

Mungkin begitulah sekilas tentang kata kata waspada, di wah ini puisi berjudul waspada ayo berjaga bagaimana. puisinya, untuk lebih jelasnya silahkan disimak saja berikut ini.


PUISI WASPADA AYO BERJAGA
Karya MS sang muham

Kemana mau pulang
sawah ladang jadi padang ilalang
kampungku jadi hutan belantara
tulang belulang berserakan bencana dimana mana
negeri tak bertuan bertumpuk malapetaka

Kemana mau bertandang
tiap mata memandang curiga
adu domba melanda sengketa lahir diantara saudara
punggawa bermuka dua lidah penuh dusta
derita insan mencapai puncaknya

Rajabuta unjuk gigi pasang jerat tabur racun politiknya
kepala diadu kepala rakyat jelata wasitnya
korupsi kolusi nepotisme marak dipelihara
ini tanda zaman kalabendu tuturan Jayabaya
waspada ayo waspada berjaga ayo berjaga

‪#‎Billymoonistanaku‬, Senin, Sept 14/2015 = 08:08 wib
-------------

Demikianlah puisi waspada ayo berjaga. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya yah... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label aneka puisi. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.