Skip to main content

Puisi Tak Berbudi Pekerti

Puisi Tak Berbudi Pekerti
Puisi tak berbudi pekerti. Pengertian budi pekerti secara umum artinya suatu prilaku positif yg dilakukan melalui kebiasaan. artinya seseorang diajarkan sesuatu yg baik mulai dari masa kecil hingga dᥱwasa melalui latihan-latihan, contohnya cara berpakaian, cara berbicara, cara menyapa serta menghormati orang lain, keluar rumah dan sebagainya.

Budi pekerti sering juga diasosiasikan dengan tata krama yg berisikan norma sopan santun yg disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia. tata krama terdiri atas kata tata dan krama. tata berarti norma, norma, aturan. Krama sopan santun, kelakukan, tindakan perbuatan. dengan demikian tata krama berarti tata cara sopan santun menjadi bagian asal kehidupan manusia. sebab sesungguhnya budi pekerti adalah tingkah laku perangai dan akhlak manusia.

Berkaitan dengan budi pekerti judul puisii di kesempatan ini, berjudul budi pekerti, bagaimana puisinya untik selengkapnya, silahkan disimak saja berikut ini.


Puisi Tak Berbudi Pekerti

Tetangga sebelah bilang…
kalau kau bagai anjing jilati pʌntat,
Kebiasaan mengendus jika mencium tulang,
menggonggong pada majikan saat sisa makan terbuang,

Hiii
kiasan jor0k
pantas di olok
Kau ajari budi pekerti
tapi kau tak berbudi,

Sungguh kasihan ibu lidahmu
alirkan liur jijik sisa lisan busukmu,
tak ubahnya sungut kecoa menari,
di gelas beraroma kopi
-------------



Demikianlah puisi tak berbudi pekerti. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label puisi sarkasme. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.