--> Skip to main content
Puisi Putra Pertiwi Membangun Harapan

Puisi Putra Pertiwi Membangun Harapan

Puisi putra pertiwi membangun harapan. Putra pertiwi artinya anak bangsa dan makna dari kata ibu Pertiwi bagi Indonesia tak lain ialah tanah airku, tanah tumpah darahku, tanah yg suci, tanah yang sakti, yang menyimpan kekayaan. Ibu Pertiwi sebagai sosok seseorang ibu yg dicintai, ibu yg membuai serta membesarkan anaknya, yang dapat bersedih hati, bersusah hati, berlinangan air mata, merintih maka kita sebagi putra pertiwi haruslah berbhakti serta mengabdi padanya.

Ibu pertiwi semua warga bangsa Indonesia merupakan anaknya, anak bangsa atau putra kesayangannya. karena ini merupakan konsep nasional, maka makna konteks tersebut berbicara tentang konsep kenegaraan.

Indonesia artinya Indonesia dan konsep ini terserap serta diartikan bermakna spesifik pada alam perjuangan nasional. Personifikasi dari sosok yang dibela, yg mendasari perilaku kepahlawanan dan sebagai alasan jiwa patriotik, baik dalam masa perjuangan sebelum serta sehabis kemerdekaan. Atas nama ibu Pertiwi, pengorbanan jiwa dan raga, hidup atau mati, artinya bukti jiwa dedikasi serta kecintaan pada negeri yg merdeka.

Sedangkan pengertian harapan artinya bentuk dasar dari suatau kepercayaan sesorang akan sesuatu hal yg diinginkan akan didapatkan, atau suatu kejadian akan berbuah pada kebaikan di waktu yang akan datang. pada umumnya harapan itu berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini hal ini akan terwujud jika niata dan usaha di terapkan, bahkan terkadang, dijadikan sebagai sugesti supaya asa dapat terwujud.

#Puisi Putra Pertiwi Membangun Harapan

Putra pertiwi membangaun harapan, judul ini hanya kombinasi dari dua judul puisi  Karya Ms Sang Muham di kesempatan kali ini, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  • Puisi berserah membangun pengharapan
  • Puisi lelaki putra pertiwi
Salah satu penggalan bait dari kedua puisi tersebut, "Kuyakinkan langkahku tak goyah tapi senyatanya terperangah saat fakta membahana tak perduli rasa merajalela menggusur membasahi nusantara sabar, tunggu hingga tiba waktunya". Selengkapnya dari bait ini, disimak saja puisinya berikut ini.


PUISI BERSERAH MEMBANGUN PENGHARAPAN
Karya MS Sang muham

Kerapkali alfa bertumpuk membelokkan yakinku
menyasarkan tekad kubangun sejak memiliki kesadaran
berakhir diujung kedangkalan pikir

Apapun kurancang menjadi usang ditelan keraguan itu
tiap senja bertamu kuyakinkan langkahku tak goyah
tapi senyatanya terperangah saat fakta membahana tak perduli rasa

Kebimbangan mulai merajalela
menggusur yakin dan tekad semula
begitulah rupanya hidup
selalu terlambat selangkah dibelakang nyata
syukur jika masih tersisa pasrah
berserah untuk membangun pengharapan

#‎Billymoonistanaku‬, Selasamalam, Mei 17/2016 = 20:00 wib


PUISI LELAKI PUTRA PERTIWI
Karya MS Sang muham

Lelaki bersuara lantang
kau peluk gunung kau cumbui padang ilalang
sejauhmana teriakanmu berkumandang

Lelaki berjiwa garang
melamar ibu pertiwi tak semudah pribahasa
lidah halilintar sebatas menakutkan tak menyelesaikan

Lelaki berdada lapang
tiap inci bumi kau tapaki adalah janji diri
pelihara lidah jaga kaki jangan merintangi
perhatikan tanda medan jangan berdiri jadi lesan
terlalu putih darahmu membasahi nusantara
sabar, tunggu hingga tiba waktunya

‪#‎Billymoonistanaku‬, Rabupagi, Mei 18/2016 = 07:07 wib


Demikianlah Putra pertiwi membangun harapan. Baca juga puisi/karya dari Bapak Ms Sang Muham yang ada di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya, bila menurut anda menarik... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label aneka puisi atau suara anak negeri. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.
Supaya mudah mengakses Puisi Dan Kata Bijak di smartphone, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya bisa mengakses Puisi Dan Kata Bijak dari layar utama smartphone dengan klik ikon Puisi Dan Kata Bijak.
Buka Komentar
Tutup Komentar