Skip to main content

Hakekat Puisi

Hakekat Puisi
Hakekat Puisi | Dilihat dari segi bangunan bentuknya ,pada umumnya puisi dianggap sebagai pemakaian atau penggunaan bahasa yang intensif. Oleh karena itu minimnya jumlah kosa kata yang digunakan dan padatnya sturktur yang dimanipulasikan , namun justeru karena itu berpengaruh kuat dalam menggerakkan emosi pembaca, karena gaya penuturan dan daya lukisnya.

Bahasa puisi dilatakan lebih padat , lebih indah, lebih cemerlang , dan hidup ( compressed ,picturesque , vivid) dari pada bahasa prosa atau percakapan sehari- hari. Bahasa puisi mengandung penggunaan lambang- lambang metaforis dan bentuk- bentuk intuitive yang lain untuk mengespresikan gagasan ,perasaan , dan emosi.

Oleh karena puisi senantiasa menggapai secara ekskulusif kearah imajinasi dan ranah ,( domain) bentuk-bentuk emotif dan artistiknya sendiri.

Maka dalam hal itu kepadatan bahada puisi itu sebenarnya samgat berkaitan secara singkron dan intergeratif dengan upaya Sang Penyair dalam memadatkan sejumlah pikiran,
Perasaan ,dan emosi serta pengalaman hidup diungkapkannya.

Bila dipandang segi isinya bahws puisi yang bagus , merupakan ekspresi yang paling benar( gemuine exfression ) atas keseluruhan kepribadian manusia. Dan karena itu dapat menyampaikan secara luar biasa keinsyafan
Fikiran dan hati manusia terhadap pengalaman dan peristiwa kehidupan.

*****

Demikianlah tentang hakekat puisi yang di ulas oleh HM Taliu Badau. Simak/baca juga puisi yang lain di blog ini, semoga hakekat puisi diatas dapat bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.