Skip to main content

Puisi Bungkam Mematung

Puisi Bungkam Mematung
Puisi bungkam mematung. Pengertian Bungkam berarti tidak bersuara. Kata bungkam adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Bungkam memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga bungkam dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. dama mematung adalah ketiaka dalam keadaan diam.

Berkaitan dengan bungkam. judul puisi di kesempaan ini berjudul bungkam mematung. yang bermakna akan lebih baik diam menyesali kesalahan daripada bersuara hanya akan memperkeruh suasana. yuk kita simak saja puisinya berikut ini.


PUISI BUNGKAM MEMATUNG
Oleh: Anderline

andai hati bisa bicara
takkan ada sesak dalam rusuk padat
diam polah dikara
maka aku berdiam mengucap syahadat

Lalu merenungi perangai
berzikir sucikan pikiran
barangkali sedikit menaungi
:atau sanggup menggantikan
detak jantung berdetak
lantas diri bersumarah

mungkin terasa ringan
memahami lalu membisu
menyamarkan bayangan

biarkan pudar sendiri
tanpa melihat, memandang
batin yang merasakan

diam tersudut di dua sisi
tiada arti bahas lintas nurani
biarkan tanpa sapa kata bicara
lalu bungkam...hening, tiada bersuara

Balikpapan 260515 23:50


Terimak kasih uda menyimak/membaca Puisi bungkam mematung. Baca juga puisi puisi yang lain yang ada di blog ini.  Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya, bila menurut anda menarik... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.