Skip to main content

Puisi Bulan Luruh

Puisi Bulan Luruh
Puisi bulan luruh. Luruh dalam kamus bahasa indonesia adalah jatuh atau gugur karena sudah sampai waktunya (tentang buah, daun, rambut, dan sebagainya) Sedangkan pengertian bulan Pengertian bulan adalah benda langit yg mengitari bumi, bersinar di malam hari sebab pantulan sinar mentari atau masa atau jangka saat perputaran bulan mengitari bumi dari mulai tampaknya bulan hingga hilang kembali.

Mungkin begitulah jika pengertian kedua kata pada judul. akan tetapi puisi kebanyakan mengunakan kata kiasan, jadi terkadang tak seperti pengertian kata yang sesungguhnya, seperti pada puisi bulan luruh, jika diartika artinya bulan jatuh, mungkinkah puisinya bercerita bulan jatuh, untuk lebih jelasnya silahkan disiman saja puisi patidusa cemara berikut ini.


PUISI BULAN LURUH

Sehati
Seputih melati
Derai rinai terhenti
Menyibak tirai musim berganti

Belaian
Anggun berpelukan
Di negeri berawan
Laksana sakura terangkai jambangan

Bersemi
Retas mengerami
Cahaya kehangatan mengilhami
Kemilau di tumpukan jerami

Menangguh
Bulan luruh
Purnama belah separuh
Dua sejoli dalam terjatuh

Kemilau Mata Bening
SAA Mksr, 20/04/2016


Demikianlah puisi Bulan Luruh dari Kemilau Mata Bening. baca juga puisinya yang lain yang ada di blog ini.  Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya, bila menurut anda menarik... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label puisi patidusa. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.