Skip to main content

Pengaruh Seorang Sasterawan

Pengaruh Seorang Sasterawan
Setiap sasterawan (seniman pada umumnya ) adalah wakil pada jamannya, bagaimanapun besarnya deviasi- deviasi yang dilakukannya, tetapi dia tidak dapat melepaskan sama sekali dengan lingkungan jaman, dimana dia menghirup udara kehidupan.

Dengan demikian setiap karya sastera ,pencerminan dari semangat jaman yang medekapnya, dengan segala pergolakan kehidupan yang tumbuh dan tapil dari dalamnya. Menjalami karya sastera yang pada suatu jaman, akan Mengantar kita dalam dalam menjalami semangat jaman.dan nafas kehidupan yang terkandung dalam karya sastera itu.

Mengenal dari dekat pengalaman hidup manusia itu dengan seluruh cita- cita dan haratnya dengan seluruh harapan dan kenyataan yang datang dari sela- sela kehidupan , hal ini adalah mungkin.

Oleh karena karya- karya sastera meupakan pengungkapan kembali pengalaman yang diwujudkan dalam bentuk estetik baik berupa perosa maupun beupa puisi.

Makin intensif seseorang sasterawan menjelani
Kehidupannya makin jelas pula diperkenalkan kealam batin kita hakikat kehidupan itu.

****

Demikianlah pengaruh seorang sasterawan , yang di tulis oleh seorang pemerhati sastra puisi  bernama H.M. Taliu B. Simak/baca juga artikel tentang puisi atau aneka ragam puisi dan kata bijak yang lain yang ada di blog puisi dan kata bijak, terimaksih sudah berkujung. semoga artikel pengaurah sastrawan diatas dapat bermanfaat bagi pembaca.