Skip to main content

Puisi Senja Di Kaki Bukit

Puisi Senja Di Kaki Bukit

Puisi senja di kaki bukit. Kata kata tentang senja dalam puisi selalu menarik unuk dijadikan puisi dan puisi senja kali ini tentang peraduan kata kata alam dan kata senja.

Jadi apa arti dari kata senja, Arti senja adalah Senja atau maghrib merupakan bagian saat dalam hari atau keadaan setengah gelap pada bumi sesudah matahari terbenam, saat piringan matahari secara keseluruhan sudah hilang dari cakrawala.

waktu ini dimulai sesudah matahari tenggelam ketika cahaya masih terlihat pada langit hingga datangnya waktu malam (isya) saat cahaya merah (syafak) benar- benar telah hilang.

Menurutu om wiki senja yang biasanya kita dikenal adalah waktu penghabisan masa didalam satu hari, ada tiga macamnya diantaranya .

  • Senja sipil merupakan saat pada mana surya berada pada enam derajat di bawah cakrawala pada malam hari. pada waktu ini, benda tak bisa dibedakan serta beberapa planet dan bintang terlihat dengan mata telanjʌng.
  • Senja nautikal artinya ketika matahari setinggi 12 derajat di bawah cakrawala pada malam hari. pada masa ini, benda tak bisa lagi dipisahkan, dan cakrawala tidak bisa dicermati dengan mata telʌnjang.
  • Senja astronomis adalah waktu di mana matahari dengan tinggi 18 derajat di bawah cakrawala pada malam hari. pada saat ini, matahari tidak lagi menerangi langit, dan tak lagi bertentangan dengan pengamatan astronomis.

Senja berbeda dengan terbenamnya matahari, yg artinya waktu ketika sisi matahari yg landung (terjurai panjang) tenggelam di cakrawala. Mungkin begitulah pengertian tentang senja menurut om wiki.

Dibawah ini, puisiyang berkaitan denga kata senja adapaun judul, yaitu mentap senja di kaki bukit. bagaimana puisinya , untuk lebih jelasnya silahkan disimak saja berikut ini.

Puisi Menatap Senja Di Kaki Bukit Karya: Penyair Kecil

Yang memisah di antara siang dan malam
menemukan pangkal dahan sudah teduh
di sampingnya cahaya membukit penuh
kemudian kulari pada kumpulan anak kecil
yang tertumpah ramai

Sementara angin menemukanku
di balik bukit cahaya yang melepas
nampak segar membasuh di mukaku
kemudian kusimpan dalam lemari-lemari yang meretas
tentang napas-napas yang belum terlepas

Kuberakit ke padang yang gersang
dimana langit mulai memancar tenang
sesekali kupandaikan bernyanyi
menutup sunyi yang kali ini kusendiri

Kulihat ikan-ikan berc!nta pada anakan sungai
yang menyudahi hening sangsai
kasih, dimana kau diamkan cahayamu?
sejak kukembali, kuserasa bagai batu yang berkerak dengan napas terkoyak

Tegal, 9 Nov 2015.

Demikianlah puisi senja di kaki bukit. Simak/baca juga puisi puisi tentang senja yang lain di blog ini. Semoga puisi senja di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya yah... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label aneka puisi. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.