Skip to main content

Puisi Otokritik

Puisi Otokritik

Puisi Otokritik adalah puisi kritik sosial kehidupan saat ini yang membahasa tentang mengahalalkan segala cara untuk menempati kekuasaan atau tempat tertinggi dalam pemerintahan, masyarakat ataupun oraganisasi.

Jadi puisi tentang otokritik adalah puisi deskriptif kritik sosial atau puisi yang bertema kritik sosial untuk penguasa dalam bentuk puisi sarkasme.

Sebagaimana Otokritik pada dasarnya adalah suatu upaya untuk melakukan perubahan budaya dalam suatu komunitas masyarakat, keluarga, golongan, organisasi atau lembaga dengan melakukan kritik yg dilakukan oleh anggota dari dan untuk komunitas itu sendiri.

Namun seringkali kita dihadapkan pada syarat dimana suasana formalistik yg sangat kuat, sehingga syarat tersebut bisa mematikan sikap kritis anggota dalam suatu komunitas baik secara horizontal juga secara vertikal.

Budaya otokritik akan bisa berjalan sebagaimana mestinya apa bila dia diberi ruang serta ditempatkan di daerah sebagaimana mestinya, sehingga pada gilirannya melahirkan suatu kondisi yg konstruktif bagi perjalanan sebuah organisasi.

Otokritik akan bisa berjalan efektif Bila setiap anggotanya menyadari serta memiliki perilaku mental untuk bisa menerima serta melakukan koreksi ,kritisi, yg dilakukan dengan amanah dan santun.

Berkaitan dengan kata otokrtitik berikut ini puisi sarkasme dengan judul puisi otokrtik, bagaimana puisi kritikan ini, untuk selengkapnya silahkan disimak saja puisinya berikut ini.


Puisi Otokritik

apakah selamanya hidup adalah soal adu kuat
bukankah akan lebih indah jika saling menguatkan?

mengapa harus saling sikut
toh kita semua sama - sama menjemput maut
apa bedanya hidup dan mati
jika hati kita mati
buat apa kau kenyang

jika sadulurmu sedang terkapar karena lapar
apa kau pikir semua yang melekat pada dirimu adalah milikmu?
sadar dan pahami bahwa kau terlahir dari setetes mani
seharusnya kau tahu betapa hina dirimu
maaf jika aku sok pintar

sidarjo 7 mei 2015

Demikianlah puisi deskriptif kritik sosia dengan judul puisi otokritk. Simak/baca juga puisi kritik penguasa yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat Sampai jumpa di artikel contoh puisi deskriptif kritik sosial selanjutnya.

Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi tentang kritik sosial yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.