Skip to main content

Begini Caranya Format Penulisan Puisi yang Baik

Begini Caranya Format Penulisan Puisi yang Baik
Begini caranya format fenulisan puisi yang baik. Bagaimana membuat atau menulis puisi yang baik dan bagaimana cara menulis puisi yang baik dan semestinya. Menulis sebuah puisi terkadang gampang-gampang susah. karena harus sesuai dengan kondisi, Ada yang bisa menulis puisi saat dia sedang galau, ada juga yang bisa menulis puisi ketika perasaannya lagi senang dan lain lain. Namun bagai manapun juga sebuah puisi yang bagus adalah ketika di tulis dengan hati dan perasaan. Dan yang paling penting diperhatikan adalah format atau cara penulisan puisi agar dapat menarik di lihat san juga sebagai nilai tambah.

Lalu bagaimana cara agar agar puisi yang di tulis mengikuti format penulisan puisi yang baik, berikut format penulisan sebuah puisi yang pada umumnya di gunakan oleh para penulis puisi.


  1. Judul
    Judul ditulis dengan mengunakan huruf kapital pada keseluruhan kata atau setiap awal kata (termasuk semua unsur kata ulang sempurna), kecuali kata tugas seperti di, ke, dari, dan, yang.
  2. Baris
    Awal kata setiap baris ditulis dengan mengunakan huruf kapital. Tujuannya untuk membedakan antara baris yang satu dengan baris yang lainnya. Karena pada dasarnya huruf kapital di gunakan pada setiap awal kalimat (termasuk unsur kata ulang sempurna), kecuali kata tugas seperti di, ke, dari, dan, yang. Kata tugas baru diperbolehkan mengunakan huruf kapital apabila berada di awal baris.
  3. Tipografi
    Tipografi (tata wajah) merupakan yang membedakan puisi dengan prosa. larik-larik puisi tidak berbentuk sebuah paragraf tapi berbentuk bait.
  4. Titi Mangsa
    Titi mangsa adalah waktu, jadi titi mangsa adalah tempat, tangal atau waktu saat puisi di buat.


Nah begitulah kira-kira cara penulisan puisi yang baik dan bener, semoga bermanfaat, dan dapat menambah wawasan dalam menulis puisi,

Sumber: Dari berbagai sumber.