Skip to main content

Cara Mudah Membuat Puisi Jadi Indah

Cara Mudah Membuat Puisi Jadi Indah
Bagaimana cara mudah membuat puisi jadi indah. Menggungkapkan rasa dan perasan lewat tulisan adalah hal yang menarik, seperti menuangkannya dalam kata berbait atau biasa di sebut puisi/syair, namun banyak yang merasa tidak bisa tapi apaupun itu jika kita berusaha pasti akan bisa,

Cara menulis puisi yang baik dan benar untuk pemula. menulis puisi  hal yang mudah dilakukan, Bagi mereka yana uda terbiasa, tidak seperti yang belum terbiasa (seperti saya yang pemula,) tapi untuk menghasilkan puisi yang indah tentu saja tidak gampang.

Namun demikian janganlah mengklaim diri bahwa kita sendiri menjadi seorang yang tidak pandai menulis puisi, sebab tentu masih ada beberapa trik yg mungkin mampu kita coba terapkan agar karya puisi/syair kita bisa tampil lebih latif/indah.

Puisi yang selalu tertib rimanya, tidak serta merta menjadi ukuran bahwa puisi tersebut bagus. Masih ada faktor lainnya yg menunjang kualitas dari sebuah puisi. Bahkan puisi-puisi karya WS Rendra. Tak pernah secara konsisten mempertahankan rima.

Jika memang demikian, hal apa yg mengakibatkan sebuah puisi itu mampu begitu menarik bila dibaca ?

Apakah dengan menentukan istilah atau diksi yg sempurna ? Ya, itu jua sebagian yg perlu dipertimbangkan, namun itu tidak absolut. Maksudnya artinya penggunaan istilah yang biasa kita pakai sehari hari pun boleh saja buat kita rangkai didalam sebuah puisi.
Cara Mudah Membuat Puisi Jadi Indah

Rujukan puisi agar jadi puisi yang indah

Bagaimana memahami dan menulis puisi dengan baik dan indah, beberapa kriteria dibawah ini yang dapat jadi rujukan:

  1. Pemilihah Tema.

    Ini merupakan hal yang paling penting dalam membuat puisi. Jika anda sedang ingin menulis puisi, janganlah terlalu sering-sering mengambil tema yg sama dalam waktu-waktu tertentu. selingi dengan tema yang lain, perbanyak membaca agar dapat inpirasi

    Mengapa demikian?  karena manusia mempunyai keterbatasan didalam berimajinasi dan berkreasi. Bila misalnya pada seminggu kita mencoba menulis puisi dengan tema yg sama, ambil model tema cinta, maka di ketika kita menulis puisi yg ketiga dan seterusnya, pastilah kita makin berpikir keras buat menuangkan pandangan baru.

    Coba saja sehabis anda menyelesaikan tujuh puisi berturut turut selama seminggu, lalu anda baca baik baik puisi yang anda tulis, tentulah anda akan menemukan banyak istilah atau alur yang sama, serta rasanya serasa sangat membosankan alur ceritanya

    Oleh sebab itu, pemilihan tema puisi yang bervariasi akan merangsang kreatifitas kita dan membuat kita semakin bersemangat buat menulis puisi. Tema yg menarik untuk diangkat didalam puisi antara lain kemanusiaan, politik, alam, ekonomi, bahkan yang sedikit berbau horor atau mistik dapat menyebabkan keasyikan tersendiri ketika menciptakan sebuah puisi.

  2. Pengulangan kata.

    Pada sebuah puisi, sebaiknya agar tidak terlalu sering berulang-ulang memakai kata yg sama. Pengulangan istilah yg sama, akan terasa membosankan. Jika dibaca serta tentu akan mengurangi kualitas puisi yang anda tulis. Bila kita merasa sangat ingin mengulang istilah yg sama buat menuangkan maksud-maksud tertentu, jangan cepat menyerah. Tentu masih ada padan istilah lainnya yg mampu kita gunakan tanpa mengurangi maksud yang kita inginkan. Justru acapkali padanan kata malah lebih mengagumkan serta indah bila kita selipkan kata unik.

    Memang disini dibutuhkan kreatifitas kita untuk memilih padanan istilah. Bila anda tidak mampu menemukan istilah lain yg sempurna, anda tidak perlu putus harapan, sebab masih si mbah g0ogle yg selalu setia membantu anda dalam mencari padanan kata.

  3. Terlalu puitis.

    Puisi yang terlalu sering memakai gaya bahasa disetiap baitnya semisal personifikasi, metafora,  dan lain lain yang berlebihan justru akan menjadi bumerang. Memang gaya bahasa perlukan agar bisa menyentuh emosi para pembaca, namun jika terlalu padat penggunaannya, malah terasa membosankan. oleh karena itu, sesekali saja kita selipkan gaya bahasa tersebut supaya puisi kita lebih elegan, akan tetapi tidak kehilangan makna dan astetiknya.


  4. Penggunaan istilah/diksi yang unik.

    Istilah/diksi yang unik maksudnya ialah istilah yg sangat jarang ditemukan didalam percakapan sehari hari maupun didalam teks informasi atau literatur lainnya. acapkali kata tersebut terasa asing dan bahkan ada yg tidak mengetahui artinya. Perlu dicatat bahwa pembaca puisi terdiri dari aneka macam kalangan serta bukan semata mata dikonsumsi para sastrawan. Oleh karena itu penggunaan diksi yang unik dengan menggunakan pemilihan kata yang sesuai. tentu bisa saja dipakai, namun usahakan jangan terlalu dipaksakan atau terlalu berlebihan mengisi bait bait puisi anda. Alih alih biar dibilang puisi yg berkualitas, malah membuat pembaca tidak tahu maksudnya.

  5. Terlalu dalam maknanya.

    Puisi yg menyirat makna terlalu dalam yaitu menggunakan memakai banyak teknik pengandaian kata, membuat para pembaca bertanya dalam hatinya, apa yang sesungguhnya dimaksud oleh sang penulis puisi. Hal ini justru membentuk puisi kita tidak efektip untuk menyampaikan apa yg kita inginkan. Sampaikan dengan cara yang sederhana, baik melalui pemilihan kata serta susunan kalimat yg mudah dicerna siapa saja, dengan memperhatikan  bait rima dan irama, jika demikian para pembaca dapat tahu sepenuhnya semua makna yg terkandung pada puisi yang kita tulis.

  6. Pemilihan Judul.

    Judul puisi hal paling penting karena inilah pertama kali dibaca atau di lihat . Disinilah kesempatan yang pertama kita untuk menarik minat para pembaca. Menulis judul puisi, perlu dipikirkan baik baik serta tentu wajib sejalan menggunakan tema dan makna puisi dengan keseluruhan. Pilihan istilah/kata didalam judul puisi sangatlah wajib, Jika menggunakan kata yang menarik, membaca judulnya saja, para pembaca bisa langsung jatuh hati ingin segara membaca isi dari puisi yang anda tulis.

  7. Terlalu pendek atau terlalu panjang.

    Puisi yang terlalu pendek bisa jadi berkurang maknanya. Jadi bagaimana dengan puisi yg terlalu panjang?  bisa saja sebuah puisi di tulis dengan kalimat yg sangat panjang, selama dibutuhakn untuk buat memberikan alur cerita atau duduk perkara yang kompleks. yg terpenting adalah jangan mengulang-ngulang kesatuan pemikiran yang sama diantara setiap baitnya. sedang sedang saja, itu yg lebih utama agar puisi menjadi indah.

Demikianlah contoh dan cara membuat puisi jadi indah.Saya bukanlah seorang ahli dibidang puisi, namun sekedar berbagi pengalaman yang saya miliki, berdasarkan pengalaman saya selama mencoba menulis puisi dan saat ini, (menulis artikel ini). sudah empat buku kolaborasi saya yang di terbitkan. dan di blog ini, Mungkin sudah seribuan lebih judul puisi yang saya tulis, mulai dasar, sampai masuk percetakan. semoga. Setelah membaca tulisan saya ini, tak ada salahnya bila anda mencoba  menulis sebuah puisi. puisi itu indah, dengnn menulis puisi kita dapat menyampikan unek unek dalam hati.

Semoga bermanfaat.

sebagian artikel disadur dari kompas.com.