Skip to main content

Puisi Saat Ekosistem Punah

Puisi Saat Ekosistem Punah
Puisi saat ekosistem punah. Pengertian ekosistem dan contohnya, berdasarkan "om wiki" Ekosistem artinya suatu sistem ekologi yg terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dapat juga dikatakan suatu tatanan kesatuan secara utuh serta menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yg saling mempengaruhi.
Puisi Saat Ekosistem Punah

Ekosistem adalah penggabungan dari setiap unit biosistem yg melibatkan hubungan timbal balik antara organisme serta lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju pada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme serta anorganisme.

Didalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang beserta dengan lingkungan fisik menjadi suatu sistem. Organisme akan mengikuti keadaan dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup.


SAAT EKOSISTEM PUNAH

Dahulu
ini adalah hutan ketenangan
surganya para binĘŚtang

dahulu
ini adalah telaga biru
dengan pelangi sutera
di antara kokoh pinus rimbun
dan kerumunan jati

tapi
kini masa merombak segalanya
porak hutan terkoyak
tatas pupus pun ditebas
telaga biru menguning
luluh pelangi sutera pudar
hanya bising

gaduh dan onar
punah musnah
akibat mereka para tangan jahil
para tangan usil
---------

Demikianlah puisi saat ekosistem punah, simak/baca juga puisi alam yang lain di blog ini, semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya yah... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label puisi alam. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.