Skip to main content

Begini Nih Cara Menulis Puisi yang Baik Dan Benar

Begini Nih Cara Menulis Puisi yang Baik Dan Benar

Bagaimana menulis puisi yang baik dan benar, Hal hal inilah yang dijelaskan dalam artikel yang dipublikasikan blog puisi dan kata bijak yaitu cara membuat puisi atau langkah langkah menulis puisi yang benar.

Sebagaimana Puisi adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.

Jika kita berada di sekitar orang yang suka menulis puisi, lama kelamaan juga kita akan terbawa, dengan suasana puitis dari mereka hehehe... namun terkadang kita masih susah, untuk memulai dari mana kita menulisnya, tapi jika kita mempunyai niat dan berusaha, suatu saat, kita juga pasti akan bisa,(kata pepatah bisa karena terbisa). biasa berkumpul dengan mereka yang bisa, dan bisa karena terbiasa melihat,dan biasa mencoba.

Dalam menulis puisi kita harus percaya pada tulisan yang kita buat karena itu lah karya kita, jangan malu jika ada yang mengtakan jelek/ngga bagus, itu urusan mereka, karena apapun yang di lakukan semua butuh proses untuk mencapai yang di inginkan, di ibaratkan dalam perjalan hidup, kita tidak langsung besar/dᥱwasa, kita dulu merangkan dari bayi, hingga sekarang bisa belajar menulis. hehehhe....


Menulis Puisi yang Baik Dan Benar

Menulis puisi harus memperhatikan akan dijelaskan dijelas dalam artikel ini, dan langkah langkah menulis puisi dan contoh puisi yang baik dan benar silahkan disimak saja dibawah ini.

1.Tema/Judul
Tema merupakan gagasan/pikiran pokok yang akan ungkapkan dalam puisi yang akan dibuat.
Tema dapat digali (eksplorasi) dari pengalaman hidup pribadi atau orang lain, kejadian yang pernah dialami ,atau hasil karya imajinasi.
Judul adalah nama yang dipakai, merupakan idᥱntitas puisi yang akan kita tulis,

2. Diksi
Dalam puisi, kata-kata yang digunakan bersifat konotatif dan puitis.
Konotasi atau kias berarti memiliki kemungkinan makna lebih dari
satu (banyak).
Puitis berarti mempunyai efek keindahan dan berbeda dari kata yang digunakan dalam kata sehari-hari.

3. Rima/Sajak
Rima/Sajak merupakan pengulangan bunyi dalam puisi untuk menghasilkan efek suara yang merdu.
melaui rima inilah keindahan puisi tercipta.danrima inilah puisi bisa dikatakan sebagai sajak. Karena pada hakekatnya,sajak adalah puisi. Sedangkan puisi belum tentu sajak.
Ada dua bunyi merdu yang umum dalam puisi,yaitu aliterasi dan asonansi.
Aliterasi merupakan bunyi merdu yang dihasilkan oleh huruf mati atau konsonan, sedangkan asonansi adalah bunyi merdu yang dihasilkan oleh huruf vokal.

4. Gaya Bahasa
Gaya bahasa/bahasa kiasan akan menyebabkan puisi menjadi segar, lebih hidup dan menjelaskan gʌmbaran angan.
Sifat umum gaya bahasa dalam puisi itu mempertalikan sesuatu dangan cara menghubungkan dengan sesuatu yang lain.

Akhir-akhir ini penyair dunia maya, mengembangkan beberapa macam puisi, seperti.
Begitulah kira kira, cara menulis puisi yang baik. semoga menghibur dan bermanfaat. dan menambah wawasan tentang penulisan puisi. Terima kasih sudah berkunjung.

sumber. dari berbagai sumber