Skip to main content

Puisi Lupakan Rasa Malu

Puisi Lupakan Rasa Malu
Lupakan Rasa Malu. Pengertian malu artinya salah satu bentuk emosi manusia. malu mempunyai arti beragam, yaitu suatu emosi, atau kondisi yang dialami manusia yang berdampak dari sebuah tindakan yg di lakukannya sebelumnya, kemudian ingin ditutupinya.

Penyandang rasa malu secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain sebab perasaan tak nyaman akan dialami ketika perbuatannya diketahui oleh orang lain. itulah mengapa sesorang yang malu nampak terihat nervous

Rasa malu dapat terjadi di mana saja. malu juga bisa timbul pada diri seorang terkait dengan dimensi psikologis, filosofis, teologi, serta sosiologis. rasa malu terbagi dalam dua kategori, yaitu rasa malu yg berhubungan dengan kehinʌan seorang, dan rasa malu yg terkait dengan kesopanan, akan tetapi, keduanya tetap dibutuhkan  untuk menghindarkan diri dari perbuatan yg memalukan.


Rasa malu juga dapat di katakan berhubungan dengan kesopanan ini mempunyai fungsi positif untuk mengklaim adanya kesopanan, privasi, kesusilʌan, serta kebijaksanaan. Fungsi rasa malu merupakan untuk menetapkan batasan yg tepat guna mencegah invasi atau penyerbuan yg melanggar kehormʌtan serta integritas orang lain. Malunya seorang berlaku mempertahankan integritas, dan oleh sebab itu dapat dikatakan sifat malu sangat erat dengan disiplin dan etika.

Pada dunia psikologi serta antropologi Malu artinya emosi klasik dari manusia yg terhubung dengan rasa bersalah, kesombongan, serta kesadaran. Rasa malu biasanya membawa sikap manusia pada depresi dan anti- sosial. Seseorang yg mengalami rasa malu berarti dia sedang mengalami konflik didalam dirinya, yaitu konflik, sebab dirinya melakukan negoisasi nilai antara kenyataan serta naluri, Jika naluri serta kenyataan itu tak selaras, maka terjadilah permasalahan, dan muncul rasa malu.

Terkadang rasa malu mengakibatkan seseorang menjadi mudah marah, lalu penyandangnya menarik diri dari lingkungan sebab kehilangan kepercayaan diri. Didalam kehidupan sehari seseroang memiliki cara tersendiri untuk menutupi penyebab malu, Salah satunya dengan bersikap seperti narsis. dan narsis ini menjadi puncak sikap untuk menghindari rasa malu.

Puisi Lupakan rasa malu

Berkaitan dengan kata tentang rasa malu, puisi yang diupdate di bawah ini, merupakan puisi bertema mali dengan puisi berformat puisi patidusa, bagaiman puisinya, selengkapnya silahkan disimak saja berikut ini.


Puisi Lupakan Rasa Malu

seperti ayam betina berbalik
masuki kandang bertelur
entaskan b!rahi
anyaman

rajut
pesona binar
kerumun sang kokok
mengaum bagai pejantan tangguh

tebaran pakan pakan bersari
dari luar bilik
menyemut diri
tertuang

cairan
sisa hujan
bercampur kotoran hari
tersedia tuk dinikmati bersama

‪#‎Patidusa‬-ku, Anda Las 23.01.2016

Demikianlah puisi lupakan masa lalu. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya yah... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label puisi patidusa. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.